Minggu, 06 November 2016

Tugas softskill 2 dibidang media




INOVASI PRODUK DIBIDANG MEDIA 

Nama : Anindita Nuraini (10115814) dan Risma Permatasari (17115744) 
Kelas : 2KA27
Mata Kuliah : Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern
Dosen : Dina Agusten


ON BOARD DIAGNOSIS (OBD) OTOMOTIF



Hasil gambar untuk ON BOARD DIAGNOSTIK


PENDAHULUAN 
       Kendaraan dituntut untuk dapat dioperasikan dengan mudah dan nyaman oleh pengemudi di berbagai kondisi jalan. Banyak sekali jenis sistem kemudi yang mungkin belum di ketahui banyak orang serta kelebihan dan kekuranganya. Misalnya sistem kemudi konvensional biasa dengan sistem kemudi yang telah menggunakan power steering atau sistem kemudi yang lebih baru lagi yaitu Electric Power Steering. Sistem kemudi yang dapat di jalankan dengan mudah tentu dapat memberi rasa aman dan kemudahan bagi pengemudi dalam mengendalikan mobil yang dikendarainya.
PENGERTIAN 
       On-board diagnostik(OBD) adalah otomatis istilah untuk diri diagnostik dan pelaporan kemampuan kendaraan.sistem OBD memberikan pemilik kendaraan atau perbaikan akses teknisi untuk status dari berbagai subsistem kendaraan.Versi awal dari OBD hanya akan menerangi lampu indikator kerusakan atau " idiot light" jika masalah terdeteksi tetapi tidak akan memberikan informasi mengenai sifat dari masalah.Implementasi OBD modern menggunakan port komunikasi digital standar untuk menkode diagnostik yang memungkinkan seseoang untuk dengan cepat mengidentifikasi dan kerusakan di dalam kendaraan.



       Pada mobil modern diatur oleh On-board Computer yang disebut Engine Control Unit (ECU).ECU memastikan seluruh proses seperti waktu pengapian, campuran udara / bahan bakar, injeksi bahan bakar, kecepatan idle, dan lainnya bekerja sebagaimana semestinya. ECU memonitor apa yang terjadi di dalam mesin menggunakan beragam sensor dan melakukan jutaan perhitungan setiap detik untuk menjaga agar semuanya beroperasi dengan benar. 

       Masuk kedalam konektivitas ke Smartphone Saat ini telah hadir inovasi terbaru yaitu fitur konektivitas smartphone ke pusat multimedia mobil sehingga pengguna dapat berbagi data media dari smartphone ke multimedia mobil dengan cepat. Aktifitas komunikasi seperti menelpon juga dapat di sambungkan ke mobil dengan jaringan bluetooth sehingga pengemudi bisa tetep menelpon tanpa mengganggu konsentrasi dalam mengemudikan kendaraannya. 




Semua mobil yang diproduksi saat ini mengandung setidaknya satu komputer. Hal ini bertugas memantau emisi mesin dan menyesuaikan mesin untuk menjaga emisi serendah mungkin. Komputer menerima informasi dari banyak sensor yang berbeda, termasuk:
1. Sensor oksigen
2. Sensor tekanan udara
3. Sensor suhu udara
4. Sensor suhu mesin
5. Sensor posisi throttle
6. Sensor ketukan
7. Sensor oksigen

Menggunakan informasi dari sensor ini, komputer dapat mengontrol hal-hal seperti injeksi bahan bakar, busi dan kecepatan untuk mendapatkan kinerja terbaik dari mesin sekaligus menjaga emisi rendah. Seorang mekanik dapat membaca kode diagnostik dari komputer dan memperbaiki masalah.


1.  Mungkin ada komputer mengendalikan transmisi otomatis
2. Jika mobil memiliki rem anti-lock, ada komputer membaca kecepatan roda dan
    mengendalikan rem
3. Banyak sistem kantung udara memiliki komputer mereka sendiri
4. Sebuah mobil dengan keyless entry atau sistem keamanan memiliki komputer
    untuk sistem ini
5. Sistem kontrol iklim canggih sering memiliki komputer
6. Beberapa mobil sekarang memiliki kursi bermotor dan cermin yang dapat
    mengingat pengaturan untuk beberapa driver, dan ini mengandung komputer
7. Setiap radio atau CD player dengan layar digital berisi komputer sendiri
8. Sistem kontrol Cruise menggunakan komputer



SEJARAH 



1968: mobil Volkswagen memperkenalkan sistem komputer pertama on-board dengan kemampuan scanning di injeksi bahan bakar.

1978: On-board komputer mulai muncul pada kendaraanDatsun 280Z sebagian besar didorong oleh kebutuhan mereka untuk real-time tuning sistem injeksi bahan bakar. 

1980: Diimplementasikan pada California kendaraan untuk model tahun 1980, dan sisanya dari Amerika Serikat pada tahun 1981. Kebanyakan pemilik dapat membaca DTC (Diagnostic Trouble Code) dengan memerintahkan ECM (Mesin Control Module) ke flash CEL (Periksa Mesin Lamp) atau MIL (Kerusakan Indikator Lampu) dan mematikan. Sebuah paket berdasarkan Software PC disebut WinALDL.

1988: The Society of Automotive Engineers (SAE) merekomendasikan konektor diagnostik standar dan mengatur sinyal uji diagnostik.

1991: The California Air Resources Board (CARB) mensyaratkan bahwa semua kendaraan baru yang dijual di California pada tahun 1991 dan kendaraan baru memiliki beberapa kemampuan OBD dasar. Persyaratan ini umumnya disebut sebagai "OBD-I", meskipun nama ini tidak diterapkan sampai diperkenalkannya OBD-II. 

1994: Termotivasi oleh keinginan untuk program uji emisi di seluruh negara bagian, CARB mengeluarkan OBD-II spesifikasi yang diadopsi untuk semua mobil yang dijual di California mulai tahun model tahun 1996.

1996: Spesifikasi OBD-II dibuat wajib bagi semua mobil yang diproduksi di Amerika Serikat untuk dijual di Amerika Serikat.

2003: Uni Eropa membuat EOBD wajib untuk semua mobil diesel dijual di Uni Eropa.

2008: Semua mobil yang dijual di Amerika Serikat diwajibkan untuk menggunakan software ISO 15765-4.

2010: HDOBD (heavy duty on board diagnostik) spesifikasi dibuat wajib untuk komersial yang dipilih mesin yang dijual di Amerika Serikat.




CARA KERJA




       Dorongan untuk instalasi komputer di mobil adalah persyaratan emisi modern;khusus, pemasangan catalytic converter.The catalytic converter adalah bagian wajib dari sistem pembuangan modern yang menggunakan serangkaian halus-dikalibrasi reaksi kimia untuk menghilangkan polutan dari knalpot mobil, membuat emisi lebih bersih.The catalytic converter membutuhkan campuran erat-diatur bahan bakar dan udara yang akan bepergian melalui mesin untuk bekerja dengan baik, sehingga komputer, atau unit kontrol mesin, diperkenalkan untuk kebanyakan mobil.

       ECU adalah komputer yang paling kuat di papan kebanyakan mobil, tetapi bukan satu-satunya.Sebuah mobil modern mungkin memiliki sebanyak 50 mikroprosesor yang berbeda di atasnya, semua menjalankan kode khusus yang dirancang untuk mencapai satu atau lebih tugas.Sebelum mikroprosesor ini ditambahkan, fitur baru harus terprogram untuk switch di dasbor, menyumbat mobil dengan bundel pergelangan tangan-tebal rumit kabel untuk segala sesuatu dari jendela kekuatan untuk kursi panas.Komputer menyederhanakan tata letak internal sementara juga meningkatkan fungsionalitas.


GAMBAR ON BOARD DIAGNOSTIK (OBD)



Hasil gambar untuk ON BOARD DIAGNOSTIK


Hasil gambar untuk ON BOARD DIAGNOSTIK
 


ANALISIS DATA


       Pada zaman modern ini, teknologi semakin berkembang pesat khususnya di kalangan otomotif. pada tahun 1968 dibuatlah On Board Diagnostik atau yang biasa di sebut dengan OBD. OBD mempunyai 0-60 speed timings, dimana hasil timing ini akan jauh lebih akurat dibandingkan memprgunakan JPS, OBD juga menggunakan sensor data. Kegunaan OBD yaitu memberikan turbo boost pada kendaraan yang mendukung MAP dan MAF sensors dan menampilkan data kompas. Pada tahun 2010, OBD mengalami perubahan, dimana perubahannya diikuti dengan kegunaan yang lebih banyak dari sebelumnya yaitu dapat dapat membaca Transmission Temperatures, merekam video perjalanan, mengirimkan logging informasi ke web atau email, dll. Hal ini membuat pemakain lebih mudah, aman dan nyaman sehingga para konsumen atau pemilik kendaraan bermobil akan merasa puas dari keindahan kendaraan baik dari bagian eksterior maupun bagian interiornya.


DAFTAR PUSTAKA






  


 



 

 
 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © EnnLaw | Floating Leaves template designed by ennyLaw | eLaw's Design