Kamis, 30 November 2017

Perbandingan Sistem Cerdas Pada 3 Negara di Asia


       Sistem cerdas Atificial Intilligen (AI) marak diperbincangkan di beberapa negara maju bahkan dibeberapa negara berkembang seperti Indonesia. Kecerdasan buatan memang kerap diidentikan dengan kemampuan robot yang dapat berperilaku seperti manusia. Berbagai definisi diungkapkan oleh para ahli untuk dapat memberi gambaran mengenai kecerdasan buatan beberapa diantaranya adalah kecerdasan buatan (Artificial Intilligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas.

       Sistem cerdas Artificial Intilligen (AI) telah marak terjadi di beberapa negara maju bahkan di beberapa negara berkembang seperti Indonesia. Kecerdasan buatan memang kerap diidentikan dengan kemampuan robot yang dapat berperilaku seperti manusia. Definisi kecerdasan buatan, berbagai definisi diungkapkan oleh para ahli untuk dapat memberi gambaran mengenai kecerdasan buatan beberapa diantaranya adalah kecerdasan buatan (Artificial Itelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas.

       Di era modern ini AI kian marak diperbincangkan oleh para ahli untuk dapat membantu segala macam kegiatan manusia agar lebih mudah dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang sulit dilakukan menggunakan tangan kosong. Kini, AI bukan hanya ada dalam smartphone saja, tetapi sekarang AI digunakan untuk Smarthome juga. Suatu System Cerdas yang mendukung segala keperluan dan juga membantu pekerjaan manusia di dalam rumah, dan membuat penguninya menjadi betah di rumah karena kecanggihan dari Smarthome tersebut.

       Smarthome System adalah sebuah sistem berbantuan komputer yang akan memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan, dan penghematan energi yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer, pada gedung atau rumah tinggal Anda.

       Dapat digunakan untuk mengendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan di rumah Anda, mulai dari pengatura tata lampu hingga ke berbagai alat-alat rumah tangga, yang perintahnya dapat dilakukan dengan menggunakan suara, sinar infra merah, atau melalui kendali jarak jauh (remote). Pada System Cerdas kali ini akan membahas mengenai Perbandingan Teknologi Smarthome di 3 Negara Asia. System Cerdas Smarhome ini akan membantu segala pekerjaan manusia di dalam rumah, berikut adalah perbandingan dari 3 Negara yang memiliki Smarthome.


JEPANG

      
       Pernahkah Kalian menonton Film Home Alone 4? Jika pernah, kalian pasti tahu Smarthome yang dapat mengendalikan peralatan di dalam rumah menggunakan remote control. Ya kali ini Saya akan membahas mengenai Smarthome  yang dapatdikendalikan hanya dengan menggunakan 1 remote control berbasis multimedia yang dapat diakses darimanapun tentu memberikan  kemudahan, kenyamanan, dan rasa aman bagi penghuninya.

      Nuansa serba digital melekat pada Smarthome di Negara Jepang ini. Hanya dengan menggunakan remotte control, pintu-pintu yang ada di rumah langsung terbuka karena ada sensor infra merah pada remote control. Tak hanya pintu, remote control tersebut juga berfungsi untuk mengatur suhu AC, menyalakan TV, dan juga digunakan untuk peralatandapur, cara penggunaannya adalah dengan klik tombol pada remote dan peralatan dapur akan tertata dengan rapi di rak dapur.

       Disamping itu, remote control tersebut berfungsi untuk memantau keadaan di dalam rumah. Tak perlu takut lagi jika saat berpergian lupa mengunci pintu bisa menggunakan remote control tersebut dan bisa digunakan sampai jarak jauh. Remote control juga berfungsi untuk mendeteksi temperatur kelembaban, dan juga penerangan. Sensor yang ada di dalam remote control berfungsi untuk memberi tahu jika terjadi penyusupan, sendor pintu atau jendela akan mengaktifkan alarm untuk berbunyi.


KOREA


       Berbeda dengan Negeri Sakura, Negeri Ginseng pun memiliki Smarthome yaitu hunian yang mengaplikasikan teknologi pintar seperti perangkat otomatis, sensor, ataupun sistem pemantau rumah dengan menggunakan remote control. Di Smarthome Korea memiliki System Cerdas berupa sensor otomatis yang dipasang pada gagang pintu yang bisa membuat pintu terbuka secara otomatis hanya dengan klik tombol pada remote control yang telah disambungkan pada gagang pintu tersebut.

       Selain itu sensor yang ada pada remote control juga dappat mengatur suhu air yang ada di dalam kamar mandi. Jika suhu Anda menginginkan suhu air panas, Anda bisa menekan tombol "Hot", sedangkan untuk air dingin tekan tombol "Cold".


INDONESIA


       Tak kalah hebatnya Negeri tercinta kita Indonesia Raya ini juga memiliki Smarthome. Di Indonesia juga memiliki remote control yang berfungsi untuk menyalakan TV dan juga AC, serta dapat mengatur temperatur AC. Selain itu remote control juga berfungsi untuk mengaktifkan WiFi. Di zaman yang serba canggih dan instan ini, tak perlu mengeluarkan budget besar hanya untuk membeli sebuah remote control, karena di Smartohone yang Anda miliki dapat mengunduh aplikasi remote control untuk dapat membantu Anda dalam menghidupkan AC. Di dalam aplikasi tersebut banyak tercantuk merk dari berbagai macam AC, Kalian hanya perlu mengubah pilihan sesuai dengan merk AC yang akan Anda hidupkan. Bagaimana, lebih mudah dan juga hemat biaya bukan?

       Selain itu remote control juga digunakan pada kendaraan, khususnya untuk memudahkan pengguna dalam mengawasi kendaraannya saat di tinggal pergi dan memudahkan mencari kendaraan saat parkir, alarm akan berbunyi. Kegunaan lainnya ialah memudahkan melihat kondisi pada belakang kendaraan Anda dengan bunyi alarm jika mobil yang Anda kendarai terlalu dekat jaraknya dengan tembok rumah Anda. Selain itu juga sensor akan bekerja dan mengaktfkan alarm jika ada penyusup yang ingin memasuki rumah Anda, alarm akan berbunyi.


KESIMPULAN :

       Di zaman yang sudah maju dan  canggih ini, mempermudahkan manusia dalam menjalankan aktivitas dan pekerjaannya dengan di dukung oleh sistem cerdas yang ada di dalam Smarthome. Dengan adanya Smarthome ini akan lebih efektif untuk pekerjaan manusia. Dari perbedaan fungsi System Cerdas di 3 Negara Asia tersebut sudah terlihat jelas bahwa Negara Jepang paling unggul dalam teknologi System Cerdas. Negara lain pun tidak kalah canggihnya, karena tiap Negara memiliki keunggulan tersendiri dan semoga kedepannya Negara-negara lain dapat mencontoh Negara yang dapat  mencipptakan teknologi System Cerdas yang canggih agar dapat mengerjakan segala aktivitas dengan efektif dan juga efisien, tetapi kita juga harus menjadi pengguna teknologi yang cerdas yang dapat menggunakan System Cerdas dengan baik dan dapat menempatkan diri di lingkungan sekitar dalam menggunakan System Cerdas, kita juga harus semakin giat dalam pekerjaan dan tidak menjadi malas-malasan karena teknologi yang semakin canggih.


REFERENSI :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © EnnLaw | Floating Leaves template designed by ennyLaw | eLaw's Design